serba-serbi

TIPS MENJAGA KESEHATAN DI BULAN RAMADHAN



Cuaca sekarang ini begitu ekstrim, sebentar panas dan sebentar hujan.  Jika kita tidak berhati-hati, maka penyakit mudah menghampiri.Jagalah kesehatan menjelang bulan Suci Ramadhan. Satu bulan menjelang Ramadhan,  saya,  anggota keluarga,  saudara,  sahabat, dan teman tepar karena  sakit.  Sebelum penyakit menghampiri , sebaiknya segera persiapakan diri anda.

 Di sini saya akan membagikan tips menjaga kesehatan di bulan  Suci Ramadhan, apa saja yah: 

1.    Pilihlah makanan yang sehat buat tubuh
Makanan yang bergizi sangat di butuhkan oleh tubuh kita, jika salah memilih makanan yang tidak sehat maka  mudah terserang penyakit.  Maka  perhatikan asupan gizi setiap   hari.  Hindari makanan siap saji,  pilihlah makanan yang dimasak sendiri atau makanan yang tidak memakai bahan pengawet.

 2.    Tidur teratur
Gunakanlah  waktu sebaik mungkin untuk tidur atau beristirahat, hindari begadang karena akan mengurangi waktu istirahat anda, sayangilah diri anda. Karena waktu tidur akan berkurang selama bulan puasa.

 3.    Kurangi minum  Es atau Air Dingin
Nikmat banget rasanya, pada saat buka puasa minum segelas es teh atau sejenisnya. Tapi apakah anda tahu , bahaya yang di timbulkan akibat minum es atau air dingin selama bulan puasa.  Tubuh kita  banyak mengeluarkan energi selama 14 jam. Maka sebaiknya minum segelas teh hangat, karena  mampu mengembalikan energi yang terpakai, juga menstabilkan kondisi tubuh pada saat perutku kosong.  

4.    Biasakanlah makan buah-buahan
Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan sangatlah membantu tubuh kita, selama bulan puasa. Jangan sampai kita sakit karena kekurangan vitamin, misalnya sariawan karena jarang makan jeruk dan mangga. Panas dalam karena tidak pernah makan buah naga. 

5.    BerolahRaga
Walaupun puasa berolahraga jangan di lupakan, supaya tubuh tetap bugar dan sehat. Sesuaikan dengan kondisi tubuh pada saat puasa, misalnya yoga. Lakukanlah  setelah sholat taraweh, bila olahraga anda membutuhkan banyak energi. 

Semoga bermanfaat buat anda, jaga kesehatan selama bulan puasa. Supaya puasa kita lancar. Mendapatkan pahala. 


 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga persahabatan

Sarapan

Doaku..